Dimana dan Cara Menyaksikan Gerhana Matahari 8 April 2024

Gerhana Matahari adalah peristiwa alam di mana Matahari, Bulan, dan Bumi sejajar sehingga Bulan menutupi sebagian atau seluruh cahaya Matahari.

Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi, sehingga tercipta bayangan Bulan yang jatuh ke Bumi.

Gerhana Matahari terbagi menjadi tiga jenis, yaitu gerhana matahari total, cincin, dan sebagian. Saat Gerhana Matahari terjadi, biasanya terlihat seperti langit menjadi gelap lebih cepat dan suhu udara sedikit menurun. 

Jika Anda berada di tempat yang bisa menyaksikan Gerhana Matahari, pastikan untuk menggunakan kacamata khusus atau alat perlindungan mata untuk melindungi mata dari sinar matahari yang berbahaya.

Gerhana Matahari yang terjadi pada tanggal 8 April 2024 dipastikan Indonesia tidak termasuk dalam jalur Gerhana Matahari Total, sehingga kita tidak bisa mengamati Gerhana Matahari secara langsung di Indonesia. 

Jadi, jika kamu tertarik untuk melihat Gerhana Matahari pada tanggal tersebut, mungkin kamu perlu merencanakan perjalanan ke wilayah yang akan dilalui oleh jalur Gerhana Matahari Total, yaitu wilayah Benua Amerika.