Pendaftaran SIPSS 2024, Persyaratan Penerimaan Polri dan Kuota Program

Pendaftaran SIPSS 2024

Ingin bergabung dengan kepolisian? Mendaftar menjadi anggota SIPSS 2024 Polri bisa menjadi langkah awal Anda untuk mewujudkan impian tersebut. Penerimaan Polri terbagi menjadi beberapa jenis seleksi, dan salah satunya adalah SIPSS. Bagaimana cara mendaftar dan verifikasi pendaftaran SIPSS 2024? Simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mendaftar SIPSS 2024 Polri, Penerimaan SIPSS 2024 2025

Langkah pertama dalam mendaftar SIPSS 2024 Polri adalah membuka website resmi penerimaan.polri.go.id. Pastikan Anda membuka halaman penerimaan.polri.go.id yang merupakan halaman utama untuk pendaftaran.

Setelah itu, pilih jenis seleksi SIPSS yang sesuai dengan kualifikasi dan persyaratan Anda. Ikuti petunjuk yang tertera di halaman tersebut untuk memastikan Anda mendaftar dengan benar.

Selanjutnya, isi formulir pendaftaran dengan data diri Anda yang benar dan akurat. Pastikan tidak ada kesalahan dalam pengisian data, karena hal ini dapat mempengaruhi proses seleksi Anda di kemudian hari.

Jika Anda berhasil mengisi formulir pendaftaran dengan baik, Anda akan mendapatkan nomor registrasi online. Nomor ini dilengkapi dengan username dan password yang dapat Anda gunakan untuk login ke halaman dashboard.

Setelah Anda berhasil login, Anda akan mendapatkan hasil cetak formulir registrasi online. Pastikan Anda mencetak formulir tersebut dan membawanya ke Polda setempat untuk proses verifikasi.

Setelah Anda mendapatkan hasil cetak formulir registrasi online, Anda perlu melakukan proses verifikasi di Polda setempat. Berikut ini adalah langkah-langkah dan file yang perlu Anda persiapkan:

1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan dilegalisir oleh Dinas Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

2. Fotokopi Kartu Keluarga (Kartu Keluarga) asli dan dilegalisir oleh Dinas Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

3. Fotokopi Akta Kelahiran (Akte Kelahiran) asli dan dilegalisir oleh Dinas Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

4. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai Akademik, termasuk SD, SMP, SMA/SMK/MA atau sederajat, D4/S1/S2, asli dan dilegalisir dari sekolah atau universitas penerbit dengan legalisasi masing-masing.

5. Fotokopi sertifikat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang telah dilegalisir.

6. Asli Surat Keterangan Polisi (SKCK) yang dikeluarkan oleh Kepolisian Resor (Polres) setempat dan fotokopi yang dilegalisir dari Polres yang menerbitkannya.

7. Pas foto berwarna ukuran paspor (4 x 6 cm) sebanyak 10 lembar dengan latar belakang merah.

6. Surat persetujuan orang tua/wali yang dapat diunduh di website Rekrutmen Polisi dan fotokopinya.

7. Surat permohonan menjadi anggota Polri yang ditulis tangan dan difotokopi, silakan lihat contoh di website Rekrutmen Polisi.

8. Surat pernyataan yang menyatakan belum pernah menikah secara sah, baik menurut hukum perdata, hukum agama, maupun hukum adat. Mohon juga membawa fotokopi surat ini. Formulir dapat diunduh di website penerimaan Polri.

9. Daftar riwayat hidup (CV) yang dicetak dari formulir pendaftaran yang Anda isi secara online, beserta fotokopinya.

10. Perjanjian komitmen pertama anggota Polri, dan fotokopinya. Formulir dapat diunduh di website penerimaan Polri.

11. Surat pernyataan tidak terikat perjanjian dengan lembaga lain, dan fotokopinya. Formulir dapat diunduh di website penerimaan Polri.

12. Surat pernyataan dari orang tua/wali yang menyatakan keaslian keterangan dan dokumen serta fotokopinya. Formulir dapat diunduh di website penerimaan Polri.

13. Surat pernyataan dari Anda dan orang tua/wali Anda yang menyatakan tidak akan melakukan tindakan korupsi, kolusi, atau nepotisme (KKN) dan tidak akan mencari sponsor atau melakukan kegiatan terlarang, beserta fotokopinya. Formulir ini bisa Anda temukan di website penerimaan Polri.

Setelah semua berkas Anda siap, datanglah ke Polda setempat untuk melakukan verifikasi. Pastikan Anda datang sendiri tanpa transmisi, dan jangan lupa membawa hasil cetak formulir registrasi online serta file administrasi.

Di Polda, Anda juga akan melakukan pengukuran tinggi dan berat badan. Pastikan pengukuran dilakukan dengan alat ukur yang sudah ditera/kalibrasi oleh badan meteorologi atau lembaga yang memiliki sertifikasi 1 tahun terakhir sebelum digunakan.

Jika Anda dinyatakan lengkap menyerahkan pendaftaran administrasi dan sudah melakukan pengukuran tinggi badan, Anda akan diberikan nomor ujian oleh panitia daerah untuk melanjutkan seluruh tahapan seleksi polri.

Itulah cara mendaftar SIPSS 2024 Polri beserta proses verifikasinya di Polda setempat. Pastikan Anda mengikuti petunjuk dengan teliti dan melengkapi semua persyaratan yang diperlukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar menjadi anggota SIPSS 2024 Polri.