Kuliah Jurusan Kesehatan Selain kedokteran

Jurusan Kedokteran merupakan salah satu jurusan di bidang kesehatan yang sangat diminati oleh banyak calon mahasiswa setiap tahunnya. Oleh karena itu, persaingan untuk diterima di jurusan ini di perguruan tinggi negeri (PTN) impian mereka sangatlah ketat. Namun, tidak hanya jurusan Kedokteran saja yang menawarkan prospek karier yang menjanjikan di dunia kesehatan.

Berikut ini adalah jurusan di bidang kesehatan selain Kedokteran, beserta rekomendasi kampusnya:

1. Farmasi

Bidang ini berfokus pada studi tentang obat-obatan, interaksinya, dan dampaknya terhadap kesehatan manusia. Universitas yang direkomendasikan untuk Farmasi antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung.

2. Keperawatan

Keperawatan merupakan bagian integral dari layanan kesehatan, memberikan perawatan pasien, pendidikan, dan dukungan. Universitas yang direkomendasikan untuk Keperawatan antara lain Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran.

3. Kesehatan Masyarakat

Kesehatan Masyarakat menangani pencegahan dan promosi layanan kesehatan di tingkat populasi. Universitas Kesehatan Masyarakat yang direkomendasikan antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung.

4. Gizi

Gizi atau Nutrisi berfokus pada ilmu tentang makanan dan dampaknya terhadap kesehatan manusia. Universitas Gizi yang direkomendasikan antara lain Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Gadjah Mada.

5. Psikologi

Psikologi melibatkan studi tentang perilaku manusia dan proses mental. Universitas yang direkomendasikan untuk Psikologi antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

6. Fisioterapi

Fisioterapi berfokus pada rehabilitasi fisik dan pengelolaan kondisi muskuloskeletal. Universitas yang direkomendasikan untuk Fisioterapi antara lain Universitas Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Universitas Hasanuddin.

Bidang-bidang ini menawarkan jalur karir yang menarik dan peluang untuk berkontribusi terhadap kemajuan dan perkembangan industri kesehatan. Setiap universitas yang terdaftar memiliki program yang bereputasi baik di bidangnya masing-masing, sehingga memastikan landasan yang kokoh bagi mahasiswa dalam mengejar profesi kesehatan yang mereka inginkan.