Biodata Calon Presiden 2024 Gibran Rakabuming Raka

Secara mengejutkan Gibran Rakabuming Raka, muncul sebagai calon Wakil Presiden RI pada pemilu 2024. Dikenal karena ucapannya yang cerdas dan sikapnya yang karismatik, Gibran telah menarik perhatian banyak orang.

Menjabat sebagai Wali Kota Surakarta ke-18 pada 26 Februari 2021, Gibran telah membuktikan ketangguhannya sebagai pemimpin. Masa jabatannya sebagai Walikota ditandai dengan prestasi dan komitmen yang kuat dalam melayani masyarakat. Tak mengherankan jika ia kini dipertimbangkan untuk menduduki posisi wakil presiden.

Biodata Gibran

Dari segi latar belakang politik, Gibran awalnya bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), pada tahun 2019 hingga 2023. Namun, sejak tahun 2023, ia memilih untuk mandiri, menunjukkan kemandirian dan tekadnya untuk membawa perubahan.

Lahir pada tanggal 1 Oktober 1987, di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, Gibran berasal dari keluarga politik terkemuka. Ayahnya, Joko Widodo, menjabat sebagai Presiden Indonesia saat ini, sementara ibunya, Iriana, memberikan dukungan yang teguh sebagai Ibu Negara. Dengan sosok berpengaruh seperti orang tuanya, tak heran jika politik mengalir dalam darah Gibran.

Gibran tidak hanya berprestasi di bidang politik, namun ia juga seorang pengusaha sukses.

Terlebih lagi, ia telah membangun keluarga yang penuh kasih sayang, menikah dengan Selvi Ananda sejak 2015, dan dikaruniai dua orang anak (Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah).

Seiring dengan terus menggemparkannya Gibran Rakabuming Raka di kancah politik, kehadiran dan potensi pencalonannya sebagai wakil presiden tentu akan menambah kemeriahan dan intrik pemilu 2024 mendatang.

Dengan kecerdasannya dan gaya kepemimpinannya yang tegas, Gibran siap memberikan dampak jangka panjang pada lanskap politik Indonesia.

Gibran mendapat gelar Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Raka Widuronegoro (Kesunanan Surakarta Hadiningrat) ditahun 2021. Gelar ini mengukuhkan statusnya sebagai sosok yang sangat disegani.

Selain gelarnya, Gibran Rakabuming Raka juga mendapat penghargaan dari Kadipaten Mangkunagaran. Pada tahun 2023, ia resmi diakui sebagai Kanjeng Pangeran Haryo Gibran Rakabuming Raka. Perbedaan ini semakin menyoroti pengaruh dan kontribusinya.

Selain gelar mulianya, Gibran Rakabuming Raka juga menorehkan prestasi di dunia hiburan. Ia tampil sebagai cameo sebagai pemilik Markobar di film "Sesuai Aplikasi" tahun 2018. Selain itu, ia memamerkan kemampuan aktingnya sebagai karyawan magang Markobar di film tahun 2019 "Yowis Ben 2".

Mengenai Agama yang dianut Gibran Rakabuming Raka adalah Islam.