Rumus Keliling Lingkaran - Cara Menghitung Keliling Lingkaran dengan Mudah

Rumus keliling lingkaran merupakan salah satu rumus matematika dasar yang sering digunakan dalam berbagai bidang. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara menghitung keliling lingkaran dengan mudah menggunakan rumus yang telah ada.

Rumus Keliling Lingkaran

Sebelum kita masuk ke rumus keliling lingkaran, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu lingkaran. Lingkaran adalah bentuk geometri yang terbentuk oleh sekelompok titik yang berada pada jarak yang sama dari titik pusat. Keliling lingkaran adalah panjang garis lengkung yang mengelilingi lingkaran tersebut.

Rumus keliling lingkaran bisa menggunakan dua variabel, yaitu jari-jari (r) dan diameter (d). Berikut adalah rumus-rumus yang dapat kita gunakan untuk menghitung keliling lingkaran:

1. Menggunakan Jari-Jari (r)

Rumus keliling lingkaran menggunakan jari-jari (r) adalah:

Keliling = 2 * π * r

Contoh penggunaan rumusnya:

Misalkan kita memiliki sebuah lingkaran dengan jari-jari sepanjang 7 cm. Maka, kita dapat menghitung keliling lingkaran tersebut dengan menggunakan rumus keliling lingkaran:

Keliling = 2 * π * 7 = 14π cm

Jadi keliling lingkaran tersebut adalah 14π cm.

2. Menggunakan Diameter (d)

Rumus keliling lingkaran juga dapat menggunakan diameter (d). Hubungan antara jari-jari (r) dan diameter (d) dalam lingkaran adalah:

d = 2 * r

Jadi, rumus keliling lingkaran menggunakan diameter adalah:

Keliling = π * d

Contoh penggunaan rumusnya:

Dalam contoh khusus ini, kita diberi diameter sebuah lingkaran, dan kita menggunakan rumus untuk menghitung jari-jari lingkaran, yaitu r = d / 2. Dengan memasukkan nilai diameter 10 cm ke dalam rumus, maka jari-jari lingkaran tersebut 5 cm.

Setelah kita mengetahui jari-jari lingkaran, selanjutnya kita dapat melanjutkan menghitung kelilingnya menggunakan rumus keliling lingkaran, yaitu Keliling = π * diameter. Dalam hal ini, kelilingnya sama dengan 10π cm.

Penerapan rumus-rumus seperti yang disebutkan di atas sangat penting dalam menyelesaikan masalah matematika dan melakukan penelitian ilmiah. 

Rumus ini sering digunakan dalam berbagai bidang, termasuk matematika, fisika, arsitektur, dan lain sebagainya. 

Dengan memahami rumus ini, kita dapat dengan mudah menghitung keliling lingkaran menggunakan jari-jari dan diameter.