Planet Terdingin di Tata Surya Kita: Uranus, Neptunus atau Nebula Boomerang?

Pernahkah Anda bertanya-tanya planet manakah di tata surya kita yang terdingin? Banyak dari kita mungkin mengira itu Neptunus karena merupakan planet terjauh dari Matahari. Hari ini kami akan mengungkap kebenaran dan fakta tentang planet terdingin di tata surya.

Neptunus atau Uranus?

Ada kesalahpahaman umum bahwa Neptunus adalah planet terdingin di tata surya. Dengan suhu rata-rata sekitar -214 derajat Celcius, Neptunus memang sangat dingin. Namun, Uranus jauh lebih dingin! 

Meskipun lebih dekat ke Matahari pada jarak sekitar 2,9 miliar kilometer, Uranus memiliki suhu yang sangat dingin hingga -224 derajat Celcius, menjadikannya planet terdingin di tata surya. Bagaimana ini bisa terjadi? Mari kita cari tahu!

Dampak Asteroid terhadap Uranus

Miliaran tahun yang lalu, sebuah asteroid besar bertabrakan dengan Uranus. Dampak ini melepaskan panas yang terperangkap di dalam Uranus, menjadikannya sangat dingin. 

Panas di dalam Uranus awalnya dihasilkan selama pembentukan planet, ketika batu-batu kecil yang tak terhitung jumlahnya bertabrakan dan menciptakan benda-benda langit seperti yang kita lihat sekarang. 

Sayangnya, dampak besar asteroid terhadap Uranus menyebabkannya kehilangan semua  panas, sehingga mengakibatkan kondisinya menjadi sedingin es. Di sisi lain, Neptunus tidak pernah mengalami tabrakan dahsyat.

Tempat Terdingin di Tata Surya Yang Melampaui Uranus 

Meskipun Uranus menduduki peringkat pertama sebagai planet terdingin, ada tempat lain di tata surya kita yang dinginya melampaui Uranus. Tempat itu adalah Nebula Bumerang!

Terletak sekitar 48 triliun kilometer jauhnya dari Bumi, Nebula Boomerang adalah awan debu dan gas dengan suhu mencengangkan yaitu -272 derajat Celcius. Ia memegang rekor sebagai objek terdingin yang diketahui ada di tata surya kita.

Suhu Uranus dan Neptunus

Jika menyangkut planet yang lebih dekat dengan Bumi, seperti Mars, para ilmuwan dapat mengukur suhunya secara langsung dan mempelajari atmosfernya. Namun untuk planet jauh seperti Uranus dan Neptunus, lain ceritanya.

Untuk menentukan suhunya, para astronom harus mengandalkan metode tidak langsung. Dengan mempelajari cahaya yang dipancarkan planet-planet tersebut, mereka dapat mengidentifikasi atom dan molekul yang ada di atmosfernya.

Jadi begitulah, kebenaran atau fakta tentang planet terdingin di tata surya kita. Uranus memegang gelar sebagai planet terdingin dengan suhu -224 derajat Celcius yang mengklaim sebagai planet terdingin. 

Namun jangan lupakan tempat terdingin yang melampaui Uranus, Nebula Boomerang!.