Mudahnya Cara Screenshot di PC, Laptop dan MacBook

Mengambil tangkapan layar di laptop atau screenshot di pc adalah salah satu alat yang sering dibutuhkan untuk mengambil gambar atau merekam video baik itu untuk pekerjaan maupun berbagi konten menarik di media sosial.

Cara Screenshot di PC

Mengambil screenshot merupakan hal yang umum dilakukan, namun sebagian orang masih belum mengetahui cara melakukannya di laptop dan komputer. Berikut adalah cara screenshot dengan berbagai metode.

Cara Screenshot di Laptop

Screenshot Menggunakan PrtScn

Salah satu cara termudah untuk mengambil screenshot di PC / Laptop adalah dengan menggunakan tombol Print Screen. Tombol ini biasanya diberi label "PrtScn" dan dapat ditemukan di bagian atas sebagian besar papan ketik. Cukup tekan tombol "PrtScn" untuk mengambil Screenshot.

Screenshot Menggunakan Alt + PrtSc

Mengambil tangkapan layar di PC atau Laptop Anda dapat dilakukan dengan mudah menggunakan "Alt + PrtScn". Jika Anda ingin mengambil gambar jendela tertentu di desktop Anda, cukup tekan dan tahan tombol "Alt" lalu tekan tombol "PrtScn". Ini hanya akan menangkap tangkapan layar dari jendela yang aktif. Ini adalah cara cepat dan mudah untuk mengambil gambar yang Anda perlukan.

Screenshot Menggunakan Snipping Tool

Untuk tangkapan layar yang lebih presisi, Anda dapat menggunakan Snipping Tool yang sudah diinstal sebelumnya di Windows. Untuk mengakses Snipping Tool, cukup ketik "Snipping Tool" ke dalam bilah pencarian Windows dan buka aplikasi.

Screenshot Menggunakan Windows + Shift + S

Mengambil tangkapan layar di laptop cepat dan mudah dengan pintasan Tombol Windows + Shift + S. Pintasan ini langsung membuka aplikasi Snip & Sketsa bawaan, meredupkan layar dan memungkinkan Anda memilih area yang ingin Anda ambil. Setelah itu, Anda dapat dengan mudah mengedit dan menyimpan tangkapan layar menggunakan aplikasi Snip & Sketch. Metode praktis ini menghemat waktu dan tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Screenshot Menggunakan Windows + PrtSc

Tombol Windows + PrtSc adalah cara mudah untuk menangkap seluruh layar Anda hanya dengan menekan tombol. Tangkapan layar yang diambil secara otomatis disimpan sebagai gambar di folder Gambar. Ini adalah metode cepat dan praktis untuk menyimpan dan membagikan apa yang ada di layar Anda.

Screenshot Menggunakan Windows dan Tombol Volume

Mengambil screenshot dapat dilakukan dengan menekan tombol Windows bersamaan dengan tombol Volume Turun secara bersamaan. Setelah diambil, tangkapan layar dapat ditemukan di folder gambar, di mana tangkapan layar tersebut disimpan secara otomatis untuk memudahkan akses. Metode ini menawarkan cara cepat dan nyaman untuk menangkap dan mengakses tangkapan layar pada perangkat Windows Surface.

Screenshot Menggunakan Windows + G

Mengambil screenshot di laptop atau komputer menjadi mudah dengan shortcut Windows + G. Dengan menekan tombol ini, antarmuka bilah permainan akan muncul. Cara ini juga memudahkan perekaman layar dan live streaming saat bermain game. Setelah menekan Windows + G, jendela baru muncul, dari mana Anda dapat memilih ikon kamera untuk menangkap layar.

Screenshot Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Saat mengambil tangkapan layar di PC / laptop Anda, menggunakan alat pihak ketiga adalah pilihan yang mudah. Ada banyak sekali alat tangkapan layar yang tersedia di internet, mulai dari pilihan gratis hingga berbayar seperti Screenrec, Lightshot dan Greenshot. Alat-alat ini menawarkan berbagai fitur dan fungsi, memungkinkan Anda mengambil dan mengedit tangkapan layar dengan mudah.

Cara Screenshot di MacBook

Screenshot Menggunakan Shift + Command + 3

Menangkap dan menyimpan layar penuh di MacBook Anda adalah proses sederhana dengan menggunakan kombinasi Shift + Command + 3. Cara ini merekam seluruh layar MacBook Anda.

Screenshot Menggunakan Shift + Command + 4

Mengambil tangkapan layar di MacBook Anda menggunakan kombinasi Shift + Command + 4 adalah proses yang cepat dan mudah. Metode ini memungkinkan Anda memilih area tertentu di layar untuk mengambil tangkapan layar. Setelah menekan kombinasi tombol, cukup seret kursor untuk memilih area yang ingin diambil gambarnya. Teknik praktis ini memungkinkan Anda menangkap dan menyimpan konten sesuai kebutuhan secara efisien.

Screenshot Menggunakan Shift + Command + 4 + Space Bar

Mengambil tangkapan layar di MacBook Anda adalah proses yang mudah, dan menggunakan kombinasi Shift + Command + 4 + Space Bar memberikan metode lain yang efisien. Pendekatan ini, meskipun mirip dengan dua metode pertama, melibatkan langkah tambahan dengan menekan Space Bar.

Menyimpan dan Membagikan Tangkapan Layar atau Screenshot

Setelah Anda mengambil tangkapan layar, saatnya menyimpan dan membagikannya. Anda dapat membuka aplikasi seperti Paint atau Word, dengan menekan "Ctrl + V." Dari sana, Anda dapat menyimpan dokumen dan membaginya dengan orang lain.