Materi PJOK kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka: Bab Olahraga, Dilengkapi Soal, Kunci Jawaban, Kisi-Kisi, Pelajaran Siswa Sekolah Dasar

Apakah kamu sedang materi PJOK kelas 4 semester 1 kurikulum merdeka? Pada artikel kali ini kami akan memberikan kumpulan soal PJOK kelas 4 semester 1 kurikulum merdeka.

PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) merupakan mata pelajaran penting dalam kurikulum sekolah dasar di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kebugaran jasmani, motorik, dan sportivitas siswa.

Sebagai bagian dari proses penilaian, siswa diberikan tes atau ujian untuk mengukur pemahaman mereka terhadap mata pelajaran. Soal ulangan dan kunci jawaban ini akan membantu siswa menguji pengetahuanya dan mempersiapkan ujian mereka. Berikut adalah Materi PJOK kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka: Bab Olahraga, Dilengkapi Soal, Kunci Jawaban, Kisi-Kisi, Pelajaran Siswa Sekolah Dasar.

1. Pada permainan bola voli terdapat gerak lokomotor dan nonlokomotor. Gerak nonlokomotor merupakan gerak yang dilakukan tanpa berpindah tempat, sedangkan gerak lokomotor adalah gerak yang melibatkan perpindahan maju, mundur, atau ke samping. Contoh gerak nonlokomotor pada permainan bola voli adalah meliukan badan.

2. Gerakan memukul bola diarahkan kepada teman satu regu dalam permainan bola voli disebut passing.

3. Gerak lokomotor merupakan gerak yang melibatkan perpindahan maju, mundur, atau ke samping. Jalan di tempat, lari di tempat, dan lompat di tempat tidak termasuk dalam gerak lokomotor.

4. Yang bukan termasuk contoh gerak lokomotor. Berguling bukan merupakan gerak lokomotor, sedangkan berjalan, berlari, dan melompat merupakan contoh gerak lokomotor.

5. Saat berjalan atau berlari, tangan harus mengayun.

6. Gerakan lokomotor melompat yang tidak benar adalah melompat di tempat.

7. Pada permainan bola akan terdapat gerak lokomotor (gerakan yang melibatkan perpindahan tempat) dan gerak nonlokomotor (gerakan yang tidak melibatkan perpindahan tempat). Salah satu gerak nonlokomotor yang termasuk dalam permainan bola voli adalah menekuk lutut.

8. Dalam latihan lempar tangkap bola, Asep dan Yandi berposisi saling menghadap dan berjauhan. Teknik dasar untuk melempar bola dalam posisi ini menggunakan lemparan atas.

9. Saat bermain sepak bola, terdapat variasi gerak dasar nonlokomotor. Salah satu variasi gerak dasar nonlokomotor dalam bermain sepak bola adalah berdiri dan menarik kaki.

10. Teknik dasar bermain sepak bola meliputi beberapa hal, di antaranya adalah passing (melempar/mengoper bola).

11..Gerakan menghentikan bola dalam sepak bola dikenal dengan istilah kontrol.

12. Gerakan dasar yang dilakukan pemain sepak bola adalah menyundul bola dengan kepala, menedang dengan kaki, menghentikan bola dengan dada.

13. Luka memar biasanya ditandai dengan benjolan pada bagian tubuh yang terbentur.

14. Jumlah pemain setiap tim dalam permainan bola basket adalah 5.

15. Permainan bola basket diciptakan oleh Dr. James A. Naismith.

16. Persatuan basket internasional dinamakan FIBA.

17. Adapun fungsi dari pencak silat adalah bela diri.

18. Ukuran lapangan tanding pada gelanggang pencak silat adalah 10mx10m.

19. Yang bukan merupakan teknik dasar pencak silat adalah melempar.

20. Gerak langkah ke belakang dalam pencak silat termasuk gerakan berpindah.

21. Saat Bu Ani akan mengupas bawang, ia mengalami luka iris. Luka ini terjadi ketika kulitnya terkena benda tajam seperti pisau.

22. Pencipta permainan bola voli adalah William G. Morgan.

23. Induk organisasi bola voli Indonesia adalah PBVSI.

24. Salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli adalah passing bawah, yang melibatkan gerakan tertentu dalam menerima atau menyelamatkan bola.

25. Kombinasi gerak dasar yang melibatkan lari pelan-pelan pada batas yang ditentukan, kemudian melompat ke atas setinggi-tingginya adalah lari dan lompat.

26. Meliuk-liukkan badan dan mendorong benda-benda yang tidak bergerak, misalnya tembok, merupakan kombinasi gerak dasar. Gerak ini melibatkan tongkok lengan, bahu, dan kaki.

27. Contoh gerak dasar manipulatif adalah menangkap bola. Gerakan ini melibatkan kemampuan untuk melacak gerakan bola dan menangkapnya dengan tangan.

28. Teknik dasar melakukan gerakan passing bawah dalam permainan bola voli adalah dengan kedua tangan diluruskan ke depan dan dirapatkan. Ketika bola hampir tiba, pastikan posisi ibu jari sejajar, lalu arahkan kedua tangan mengikuti arah datangnya bola. Terakhir, ayunkan kedua tangan untuk memukul bola ke arah yang diinginkan.

29. Untuk mengambil bola yang tinggi, digunakan teknik passing atas. Dalam teknik ini, bola diarahkan ke atas menggunakan kedua tangan dengan posisi jari-jari yang terbuka, sehingga bola bisa diangkat dengan kontrol yang baik.

30. Skor kemenangan dalam permainan bola voli adalah mencapai 25 poin.

31. Untuk mengambil bola yang rendah menggunakan passing bawah. Passing bawah merupakan teknik dasar dalam bola voli di mana pemain menggunakan lengan bawah untuk menggiring dan mengarahkan bola yang rendah.

32. Olahraga bola voli diciptakan sekitar akhir abad ke-19. Permainan ini pertama kali dimainkan pada tahun 1895 di Holyoke, Massachusetts oleh William G. Morgan.

33. Tinggi net putra dalam bola voli adalah 2.43 m. Tinggi net ini merupakan standar resmi yang digunakan dalam kompetisi bola voli internasional.

34.  Pada dasarnya, senam lantai dilakukan untuk melatih kelenturan. Senam lantai adalah latihan yang melibatkan berbagai gerakan tubuh.

35. Yang dijadikan tumpuan dalam melakukan gerakan roll depan adalah tangan. Gerakan roll depan dalam lantai senam melibatkan pemindahan berat tubuh dari posisi berdiri ke posisi berbaring dengan menggunakan tangan sebagai tumpuan.

36. Sikap lilin bertumpu pada tengkuk. Sikap ini merupakan gerakan senam lantai di mana tubuh berada dalam posisi terbalik dengan tangan dan tengkuk sebagai tumpuan utama. Gerakan ini melibatkan kekuatan inti dan keseimbangan tubuh yang baik.

37. Yang dijadikan tumpuan dalam melakukan gerakan roll depan adalah tangan.

38. Gerakan berjalan yang benar adalah badan tegap tangan mengayun.

39. Yang termasuk gerakan berpindah tempat adalah lari.

40. Gerakan yang tidak berpindah tempat, menekuk badan.

41. Gerakan yang termasuk gerak manipulasi adalah lempar tangkap bola.

42. Gerakan melempar bola menggunakan tangan kanan.

43. Gerakan berpindah tempat merupakan gerakan lokomotor.

44. Mengayun dan membungkukkan badan termasuk gerak manipulatif. Gerakan ini melibatkan penggunaan otot dan anggota tubuh untuk memanipulasi objek atau benda di sekitar kita.

45. Contoh gerak nonlokomotor adalah mengayun, menekuk, dan meliuk. Gerakan ini melibatkan perubahan posisi tubuh tanpa berpindah dari satu tempat ke tempat lain.