Inilah! Cara Menghilangkan Mata Sembab, Cepat dan Ampuh

Apakah Anda sering terbangun dengan mata sembab dan bengkak? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian.

Banyak orang mengalami kondisi tidak nyaman yang dikenal dengan istilah “mata sembab”.

Cara menghilangkan mata sembab, diantaranya dengan tidur yang cukup, berikan kompres dingin, minum yang cukup dan masih banyak lagi cara lainnya.

Cara Menghilangkan Mata Sembab

Berikut adalah beberapa cara sederhana dan efektif untuk mengurangi dan menghilangkan mata sembab.

Tidur yang Cukup

Kurang tidur adalah penyebab umum mata bengkak. Kurangnya kualitas tidur dapat mengganggu proses penyembuhan alami tubuh, sehingga menyebabkan retensi cairan dan bengkak di sekitar mata. Usahakan jadwal tidur yang konsisten dan pastikan Anda mendapatkan waktu tidur 7-8 jam yang direkomendasikan setiap malam.

Berikan Kompres Dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi kantung mata dengan cara menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Anda bisa menggunakan waslap dingin, irisan mentimun dingin, atau bahkan sekantong kacang polong beku yang dibungkus kain bersih. Oleskan kompres dengan lembut pada mata tertutup selama 10-15 menit. Ulangi proses ini beberapa kali sehari untuk hasil terbaik.

Minum Yang Cukup

Dehidrasi dapat menyebabkan mata sembab, jadi pastikan Anda minum cukup air sepanjang hari. Hidrasi membantu mengeluarkan racun, sehingga mata menjadi lebih sehat dan tidak bengkak. Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk menjaga tubuh dan mata Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Batasi Asupan Garam

Konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan retensi air sehingga menyebabkan kembung dan bengkak di seluruh tubuh, termasuk mata. Perhatikan asupan garam Anda dan cobalah membatasi makanan olahan dan asin. Sebaliknya, fokuslah mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk mendukung kesehatan mata secara keseluruhan.

Gunakan Kantong Teh Celup

Kantong teh, terutama teh hijau efektif mengurangi mata sembab. Kedua teh tersebut mengandung sifat anti inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit di sekitar mata. Setelah menyeduh teh, biarkan kantong teh menjadi dingin lalu letakkan di atas mata tertutup selama 10-15 menit.

Hindari Mengucek Mata

Mengucek mata mungkin bisa meredakan sementara, namun justru memperburuk bengkaknya. Gerakan menggosok dapat menyebabkan iritasi dan peradangan sehingga menyebabkan pembengkakan semakin parah. Sebaliknya, tahan keinginan untuk menggosok dan coba gunakan gerakan mengetuk lembut dengan ujung jari Anda untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Tinggikan Kepala Saat Tidur

Meninggikan kepala saat tidur dapat mencegah cairan menggenang di sekitar mata, sehingga mengurangi mata sembab di pagi hari. Gunakan bantal tambahan atau pertimbangkan untuk membeli tempat tidur yang dapat disesuaikan untuk meninggikan kepala.

Sekarang setelah Anda tau solusi sederhana dan efektif ini, mata sembab tidak perlu lagi merusak hari Anda. Dengan mengikuti tips berikut ini, Anda dapat secara efektif mengurangi dan menghilangkan mata sembab. Ingat, konsistensi adalah kuncinya, jadi bersabarlah dan jadikan pengobatan ini sebagai bagian dari rutinitas harian Anda.