Efektif Cara Mengusir Tikus di Rumah, Plafon, Kamar, Dengan Bahan Alami!

Cara mengusir tikus di rumah ternyata tidak semudah kedengarannya. Bagi yang mengutamakan kebersihan dan kerapihan pasti merasa terganggu jika ada tikus di dalam rumah.

Apakah Anda lelah menghadapi tikus-tikus sial yang menyerang rumah Anda? Jangan khawatir, karena pada artikel kali ini kami akan membagikan cara efektif dan alami untuk membantu Anda mengusir tikus, baik itu di rumah, plafon atau kamar. Tidak perlu bahan kimia berbahaya atau pembasmi hama yang mahal.

Nah berikut adalah cara mengusir tikus dengan bahan alami.

1. Jaga Kebersihan

Rumah yang berantakan dan kotor menarik perhatian tikus karena mereka menemukan banyak tempat persembunyian dan sumber makanan. Untuk mencegah tamu tak diundang ini, pastikan rumah Anda tetap bersih dan tertata dengan baik. Sapu lantai secara teratur, bersihkan meja dapur, dan simpan makanan dalam wadah kedap udara. Dengan menghilangkan sumber makanan dan tempat persembunyiannya, Anda akan mencegah tikus memasuki rumah Anda.

2. Segel Titik Masuk

Tikus dapat masuk melalui celah kecil, jadi sangat penting untuk menutup semua titik masuk. Periksa rumah Anda apakah ada retakan pada dinding, celah di sekitar jendela dan pintu, serta bukaan pada fondasi. Gunakan bahan kokoh seperti sabut baja atau dempul untuk menutup celah ini. Dengan memblokir aksesnya, Anda akan mencegah tikus memasuki tempat tinggal Anda.

3. Minyak Pepermin

Tikus sangat tidak menyukai aroma minyak pepermin, sehingga minyak pepermin merupakan pengusir tikus alami yang efektif. Rendam bola kapas dalam minyak pepermin dan letakkan di dekat titik masuk atau area yang Anda curigai ada aktivitas tikus. Aromanya yang kuat akan mengusir tikus sehingga membuatnya berpikir dua kali sebelum masuk ke rumah Anda.

4. Pelihara Predator

Memasukan predator alami ke dalam rumah atau taman Anda bisa menjadi cara yang efektif untuk mengendalikan tikus. Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing adalah pemburu alami dan dapat membantu mengendalikan populasi tikus. Selain itu, Anda dapat menarik perhatian burung pemangsa, seperti burung hantu atau elang, dengan memasang sangkar burung atau memasang tempat bertengger. Burung-burung ini akan membantu mengendalikan populasi tikus secara alami.

5. Gunakan Perangkap Tikus

Perangkap tikus adalah cara klasik dan efektif untuk menangkap tikus. Tempatkan beberapa perangkap di area dengan aktivitas tikus yang tinggi, seperti di dekat titik masuknya atau di sepanjang dinding. Untuk umpannya bisa menggunakan keju, selai kacang, atau potongan kecil buah-buahan.

6. Semprotan

Buat semprotan pengusir tikus alami Anda sendiri dengan mencampurkan air dan cuka dengan perbandingan yang sama. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti peppermint, eucalyptus, atau citronella. Pindahkan campuran tersebut ke dalam botol semprot dan oleskan ke area yang banyak ditemukan tikus. Pengusir tikus buatan sendiri ini tidak hanya akan mengusir tikus tetapi juga membantu menyegarkan ruangan.

Dengan cara alami ini, Anda bisa membasmi tikus secara efektif tanpa merugikan diri sendiri, keluarga, atau lingkungan. Ingatlah untuk menjaga kebersihan rumah, menutup pintu masuk, menggunakan semprotan, memelihara predator, dan memasang perangkap.

Itulah beberapa cara mengusir tikus secara alami. Dengan menerapkan strategi ini, Anda bisa mendapatkan rumah bebas tikus dalam waktu singkat.