Perjalanan Hidup Natasha Wilona, Dari Nol Sampe Menjadi Artis Top





Natasha Wilona lahir di Jakarta pada tanggal 15 desember 1998. la memiliki darah keturunan Tionghoa dan Indonesia. Wilona merupakan anak dari ayah alamarhum Didi Setiadi dan ibu Theresia. Wilona adalah anak kedua setelah Claresta Frederica dan sekaligus anak terakhir. Natasha Wilona sudah kehilangan seorang ayah ketika masih kecil dan ibunyalah yang berjuang membesarkan Wilona dan kakaknya. 


Ketika umur 6 tahun mereka pindah ke Banjarmasin dan mengontrak rumah sederhana yang terbuat dari kayu dan harganya sangat murah yaitu 2 juta pertahun. Ibunya menceritakan bahwa moment itu adalah moment terendah dan tanpa ada kehadiran seorang ayah. Mereka tinggal di Banjarmasin selama 2 tahun. 




Bakat wilona diketahui Ibunya sejak kecil dimana ketika pertama kali ikut lomba fashion show langsung juara 1. la mendapatkan hadiah ricecooker dan uang senilai 150 ribu. Sejak saat itu mereka hampir mengikuti seluruh lomba fashion show yang diadakan di Banjarmasin. Dengan keterbatasan biaya ibunya tetap menyekolahkan Wilona di sekolah modeling selama 1 tahun ketika berumur 6-7 tahun. Sangat mengharukan, seluruh baju untuk lomba modeling yang dipakai Wilona di kumpulkan dari baju bekas dan baju gak dipakai. 


Ibunya mendesign sendiri dan pergi ke tukang jahit yang harganya murah. Namun uniknya, ia sering mendapat juara. Akhirnya pada umur 8 tahun mereka memutuskan kembali ke Jakarta karena ada panggilan dari seorang agency dan di janjikan akan jadi model. Namun setelah sampai di Jakarta mereka ternyata di bohongi dan sang agency hilang tanpa kabar. Akhirnya sang ibu berjuang sendiri untuk mencari info casting iklan. Wilona berjuang casting iklan tanpa kehadiran seorang ayah dari umur 8,5 tahun hingga 13 tahun.




Selama 5 tahun Wilona bersama ibu setiap kali ada casting naik angkutan umum karena sepeda motor saja pun belum ada. Sifat mandiri dan kerja keras Wilona memang sudah terbentuk ketika ia masih kecil. Setelah beberapa tahun merintis casting-casting iklan, akhirnya Wilona kecil ini bisa beli sepeda motor. Awalnya ibunya tidak tahu bawa sepeda motor namun akhirnya belajar dan bisa bawa Wilona ikutan casting iklan kemana saja terbuka kesempatan. 


Namun kisah sedih kembali terjadi saat mereka kecelakaan. Sang ibu mengalami engsel lepas dan tulang kering amblas membuat sang ibu harus istrahat dalam jangka waktu yang lama. Beruntung Wilona tidak mengalami celaka sedikitpun. Sejak saat itu seorang anak perempuan kecil yang masih berumur 9 tahun dan masih kelas 4 SD ini harus berjuang sendiri naik ojek ke tempat casting iklan. Wilona menekuni casting iklan hingga umur 12 tahun. 




Ketika umur 10 tahun pernah dapat tawaran main di FTV dan sempat membintangi 10 judul namun akhirnya sang ibu tidak tega melihat Wilona harus pulang dini hari bahkan pagi hari karena syuting dan akhirnya ia fokus di iklan hingga SMP kelas 3. Dan pada akhirnya pada umur 13 tahun ia lolos casting untuk sinetron pertamanya. Walau banyak kritikan di awal ia terus belajar, bahkan ia mengaku karena ingin belajar akting ia pernah nonton film 3-4 judul perhari. 


Walau sibuk syuting, Wilona tidak mau bolos sekolah. Dilokasi syuting ia menyempatkan diri belajar ketika masih kelas 3 SMP. Waktu jam istrahat di sekolah ia pergunakan sebagai jam tidur. Hingga akhirnya ketika masuk SMA ia mengambil homeschooling. Setelah lulus SMA, ia fokus di karirnya hingga sekarang. Tercatat ia telah membintangi 10 Ftv, 5 Film, dan 12 Sinetron.




Dan untuk penghargaan, ia telah masuk 10 Nominasi penghargaan dan telah memenangi kategori Aktris Terfavorit di acara Indonesian Kids Choice Awards 2016, kemudian menang di kategori Kehidupan Tersilet di acara Silet Awards 2016. la menang kembali sebagai Aktris Terpouler di acara Indonesian Television Awards 2017, Aktris Utama Paling Ngetop di acara SCTV Awards 2017. Aktris Terfavorit di acara Panasonic Gobel Awards 2018.


Dan penghargaan terakhir ia mendapatkan Artis Paling Sosmed dan Aktris Utama Paling Ngetop di acara SCTV Awards 2019. Kisah perjuangan Wilona ini mengingatkan kita kepada mega bintang sepakbola dunia yaitu Cristiano Ronaldo. Dimana mereka sama-sama berasal dari keluarga yang kurang mampu namun bekerja keras sejak kecil walaupun harus mandiri dan meninggalkan waktu bermain demi sebuah mimpi. Untuk kisah asmara, ia pernah berpacaran dengan Aktor ganteng Stefan William dan Verrell Bramasta. Saat ini belum ada kabar pasti apakah ia dekat dengan seseorang.




Sedikit pesan yang disampaikan oleh Wilona kepada kita bahwa untuk meraih kesuksesan itu kita harus mengandalkan Tuhan, berjuang, kerja keras, pantang menyerah sekalipun banyak orang yang ingin menjatuhkan kita. Berdoa dan minta dukungan orang dari orang-orang yang menyayangi kita serta gunakan masa muda untuk meraih mimpi. Kita semua pasti bisa. Mulai dari sekarang, jangan pernah takut untuk melangkah.